Beranda Manado Terserang ISPA dan Penyakit Kulit, Korban Banjir Datangi Posko MMC Boltim.

Terserang ISPA dan Penyakit Kulit, Korban Banjir Datangi Posko MMC Boltim.

410
0
BERBAGI
Tim medis MMC Dinkes Boltim saat memberikan pelayanan kepada warga korban banjir Manado

MANADO lensasulut.com – Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan penyakit kulit mulai menyerang warga korban banjir yang melanda Manado pada Jumat 1 februari lalu. Data dari posko pengobatan Medical Mobile Center (MMC) milik Pemkab Boltim menyatakan, dari 160 warga yang datang berobat, 43 diantaranya mengeluh sakit pernafasan. Sisanya karena penyakit kronis bawaan serta penyakit kulit.

Salah satu anggota tim medis, dr Minalti Manopo menjelaskan, dua penyakit ini memang paling sering terjadi saat bencana. “ISPA dan penyakit kulit memang paling dominan muncul saat banjir,” jelasnya, Senin (4/2) di posko MMC halaman Masjid Al Munawarah, Tuminting.

Lanjutnya, pelayanan kesehatan akan dilakukan selama enam hari atau hingga Jumat pekan ini. Sedangkan untuk stok obat, pihaknya menjamin akan tersedia secara gratis kepada masyarakat. “Jika memang kurang, kami akan minta kirim lagi,” jelasnya.

Selain membentuk posko, personil MMC yang terdiri dari empat orang dokter dan delapan perawat dipimpin Kadis Kesehatan Boltim Eko R Marsidi SKM SE, mereka tim medis juga turun langsung di sejumlah wilayah yang terkena bencana. (fat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here