Beranda Bolmong Timur Penyaluran Bahan Bangunan RTLH Desa Bukaka Terhenti.

Penyaluran Bahan Bangunan RTLH Desa Bukaka Terhenti.

576
0
BERBAGI
Nampak Rumah warga Bukaka yang belum selesai dibangun karena tidak ada bahan bangunan (foto matt rey kartoredo)

KOTABUNAN lensasulut.com — Nada Keluh dari warga Bukaka, Kecamatan Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) meletup. Penyaluran Bahan bangunan rumah tinggal layak huni (RTLH) di daerah pegunungan ini jadi pemantik.

Terpantau, satu diantaranya bangunan milik Dahlan Paputungan di desa Bukaka, Kondisi bangunan hanya pondasi. Sedangkan bahan lainnya belum disalurkan seperti semen, kayu serta tripleks.

Bahan bangunan sudah lama saya tunggu dari tahun 2018 tapi sampai tahun 2019 ini tak kunjung ada. Saya sekarang hanya pasrah kalau ada yah saya terima kalau tidak saya juga tidak berharapa karena sudah lelah saya selalu di janji-janji,” ujar Dahlan dengan nada kesal.

Keluhan senada diungkapkan Mahmud Paputungan (67) salah satu penerima bantuan RTLH. Menurut Mahmud, sudah satu tahun bahan bangunan terhenti disalurkan. Sekarang pembangunan harus dihentikan dulu, karena tidak ada bahan. “Jika saya tahu seperti ini. Saya menyesal ambil bantuan RTLH dari Pemerintah Kabupaten Boltim,” ujar Mahmud Paputungan, kepada lensasulut.com, Kamis (7/2).

Mahmud menambahkan, bantuan ini harusnya membantu bukan menyiksa warga. Sebab masyarakat sangat berharap adanya RTLH, namun kenyataannya seperti ini.

Bahannya yang disalurkan awal seperti pasir, sirtu sudah sering terbawa air, sedangkan Batu bata sudah mulai rusak. Jika sudah terlalu lama, akan dikembalikan ke Pemkab Boltim. “Saya berniat, akan kembalikan bahan ke Dinsos,” ujarnya lagi.

Ditempat terpisah Kepala Dusun Satu, Desa Bukaka, Kecamatan Kotabunan, Sugianto Mamonto mengatakan, yang diusulkan ke Dinas Sosial ada 16 kepala keluarga khusus dusun satu penerima bantuan RTLH, namun yang selesai baru sekitar empat rumah sisanya pondasi dan penyusun bata.

“Memang warga penerima bantuan telah datang mengeluh soal keterlambatan bahan bangunan hingga sekarang. Dan saya sudah melaporkan hal ini ke Sangadi, mengenai masalah keterlambatan, agar diteruskan ke dinas terkait” tuturnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Boltim Rudi S Malah, saat dikonformasi mengatakan, bahan bantuan RTLH Desa Bukaka sudah selesai diberikan.

“Saya tahu bantuan RTLH di bukaka itu bahan-bahannya sudah selesai diberikan.  Saya juga croscek ke manager katanya semua sudah disalurkan,” singkat Malah. (matt rey )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here