Beranda Bolmong Timur Rusmin Beberkan Kesimpulan Rakornas Disdukcapil di Makasar.

Rusmin Beberkan Kesimpulan Rakornas Disdukcapil di Makasar.

612
0
BERBAGI

BOLTIM lensasulut.com — Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rusmin Mokoagow, menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang digelar di Hotel Fourpoint Seraton Makasar selama tiga hari, tanggal 7 – 9 Februari 2019.

Menurut Rusmin, agenda yang menghadirkan seluruh Kepala Dinas Dukcapil se-Indonesia itu, telah menghasilkan beberapa kesimpulan yang diambil utamanya penandatanganan perjanjian kinerja antara Kepala Dinas Dukcapil se-Indonesia dan Dirjen Administrasi Kependudukan tahun 2019.

“Rakornas di Makasar, ada beberapa kesimpulan yang di ambil, yang pokok itu adalah penanda tanganan perjanjian kinerja antara kepala dinas dukcapil se indonesia  dan dirjen administrasi kependudukan tahun 2019. Itu sudah ditandatangani dan harus selesai pada tahun 2019, setelah itu pemberian penilaian kenerja dari dirjen apakah tercapai 2018 atau tidak,” terang Rusmin saat disambangi di ruang kerjanya Rabu (13/2).

Rusmin menambahkan, Kegiatan tersebut di lanjutkan dengan launcing Dukcapil Go To Digital, yang sekarang lagi dalam proses pengurusan karena berhubungan dengan badan cyber sandi nasional.

“Muda mudahan bulan ini kami sudah bisa menandatangani dokumen kependudukan itu dengan tidak mengunakan tinta basah. jadi dimana saja kadis bisa menandatangani dokumen tingal dikonekkan dengan badan cyber, dan badan cyber akan mengeluarkan sertifikat ITE kepada kepala-kepala dinas. kemudian lewat itu dihubungkan dengan server yang ada di kementrian,” papar Rusmin.

Ini sangat berbeda. Sebelumnya penandatangan manual dicetak dulu baru di tandatangani, tapi melalui aplikasi ini ditandatangani dulu baru dicetak. Jadi lebih praktis, dan tidak bisa di palsukan,” pungkasnya. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here