Beranda Publika Tahapan Pilgub Sulut Tersendat Karena Hal ini

Tahapan Pilgub Sulut Tersendat Karena Hal ini

427
0
BERBAGI
Ardiles Mewoh

MANADO LensaSulut.com ā€” Belum ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) berpotensi menyebabkan tahapan pilkada tertunda. Padahal, sesuai tahapan KPU, per 1 Oktober, NPHD sudah harus ditandatangani pemerintah.

Ketua KPU Sulut DR Ardiles Mewoh berharap pemerintah bisa secepatnya menandatangani anggaran tersebut. “Tentu saja tahapan pilgub akan bergeser sebab sampai sekarang belum ada anggarannya,” kata Mewoh.

Dikatakan Mewoh, seharusnya bulan ini ada beberapa tahapan teknis yang sudah harus dilaksanakan. Seperti pada akhir bulan ini saja ada tahapan pendaftaran calon perseorangan. Tapi hal itu berpotensi tertunda jika anggarannya belum tersedia.

Mewoh berharap NPHD itu bisa secepatnya ditandatangani, sebab butuh proses untuk melakukan pencairan. “Saya sih berharap dalam waktu dekat ini pemerintah bisa secepatnya menandatangani HPHD. Dengan begitu tahapannya bisa berjalan sesuai yang sudah ditetapkan,” pintanya.

Sementara Komisioner KPU Sulut Lanny Ointu mengatakan, tertundanya penandatanganan NPHD tentu akan berpengaruh pada jalannya tahapan. “Tentu sangat berpengaruh. Nanti kita tinggal melaporkan ke Kemendagri terkait penundaan ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw memastikan untuk anggaran Pilgub sudah tak ada masalah lagi. “Untuk anggaran sudah siap tinggal tunggu pak gub,” ungkapnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here