Beranda Bolmong Timur Wabup Buka MTQ ke Vl Tingkat Kabupaten Boltim di Modayag

Wabup Buka MTQ ke Vl Tingkat Kabupaten Boltim di Modayag

352
0
BERBAGI

MODAYAG, LensaSulut.com – Wakil Bupati (Wabup) Drs. Rusdi Gumalangit membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VI tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rabu, (11/3/2020).

Kegiatan yang digelar di Lapangan Arjuna Desa Purworejo, Kecamatan Modayag itu, mengusung tema ‘Dengan MTQ Kabupaten Boltim kita wujudkan Sumber Daya Manusia Unggul Profesional dan Qur’ani Menuju Indonesia Maju’.

Bupati Sehan Landjar, SH dalam Sambutanya, yang dibacakan Wabup Drs. Rusdi Gumalangit Mengatakan, pelaksanaan MTQ merupakan kegiatan yang telah menjadi tradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kegiatan bernuansa religius ini menurutnya sudah termasuk agenda rutin tahunan pemerintah pusat serta Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim.

Kehadiran MTQ lanjut Wabup, senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam hidup masyarakat.

“Mengingat acara kegiatan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif.Terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah dan mempunyai posisi sangat vital dalam rangka membangun mental spiritual akhlak bangsa,” kata Gumalangit.

Disebutkan, pelaksanaan MTQ nantinya diyakini mampu menciptakan nuansa religius dan menghadirkan suasana memberi kejutan batin bagi masyarakat. “Karena Al Qur’an memberikan pencerahan bagi siapa yang membacanya serta menawarkan keteduhan batin bagi mereka yang mengamalkanya,” sebutnya.

Wabup berharap, kegiatan MTQ dijadikan sebagai wahana mencetak generasi Qur’ani yang mencintai Al Qur’an.

“Mencintai Al Quran dengan seni lagu dan tulisannya, mencintai isi dan kandungannya, mencintai tuntunan pengalaman nilai dan ajarannya, serta mencintai kandungan budaya islam yang ada di dalamnya,” tukasnya.

Ia mengajak seluruh umat islam yang berada di Kabupaten Boltim agar selalu menghidupkan serta menerapkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al Qur an.

Usai menyampaikan sambutan, Wabup membuka secara resmi MTQ ke-VI, dengan menabuh bedug dilanjutkan menyalakan obor berbentuk angka romawi VI.

Diketahui, kegiatan MTQ ke-VI ini berlangsung selama tiga hari mulai pada Rabu (11/03) sampai jumat (13/03) dan diikuti 154 peserta yang terbagi dari tujuh kecamatan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi diwakili kabag TU Aswin Kiay Demak, Kapolres Boltim AKBP Irham Halid, Wakapolres Kompol Muh Sjafri Monoarfa, Asisten I Priyamos SH MH, Asisten III Djainudin Mokoginta, Staf Ahli, Kepala Kantor Agama Boltim Ahmad Soleh, Pejabat Eselon II, Eselon III, Camat serta Sangadi Se-Boltim. (Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here