Beranda Ekonomi dan Bisnis Koperasi Waqaf Umat Mandiri Hadir Untuk Semua Masyarakat Sulut

Koperasi Waqaf Umat Mandiri Hadir Untuk Semua Masyarakat Sulut

875
0
BERBAGI

MANADO LensaSulut.com – Koperasi primer “Waqaf Umat Mandiri” hadir di propinsi Sulawesi Utara (Sulut). Koperasi serba usaha yang beralamat di Kompleks Kalimas Jl.Veteran Pasar Bersehati kota Manado ini, hadir untuk masyarakat kecil terutama pedagang pasar/warung, sopir angkot, petani dan nelayan yang membutuhkan kucuran modal.

Koperasi yang sudah berjalan hampir setahun ini juga telah melakukan kegiatan sosialisasi pembentukan Koperasi Serba Usaha (KSU) Waqaf Umat Mandiri, akta notaris Maudy Manoppo, SH., SpN. Nomor 10 tanggal 10 September 2021, berbadan hukum keputusan Menteri Hukum dan HAM RI, Nomor AHU 0012263.AH.01.26 Tahun 2021, ditetapkan di Jakarta 17 September 2021 oleh Dirjen AHU Kemenkumham, bapak Cahyo Rahadian Muzhar, SH., LLM. di pasar Bersehati Manado yang dihadiri oleh Senator DPD RI Djafar Alkatiri, Kadis Koperasi dan UMKM Sulut Ronald Sorongan, Notaris Maudy Manoppo, Direktur Operasional PD Pasar Manado Irving K. Biki, serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat.

Uniknya, koperasi yang dipimpin oleh Ketua Robby Sigar, Sekertaris Jusri Diko, dan Bendahara Maryam Soleman, serta dibawah pembina Reiyner Emyot Ointoe, pengawas Muchlis Kaharu, menjalankan sistim pinjam simpan.

“Bagi masyarakat kecil yang membutuhkan dana untuk meningkatkan usahanya, kami bantu meminjamkan modal. Jadi sistimnya bukan simpan pinjam, tetapi pinjam simpan dan menjadi anggota koperasi,” ujar Robby Sigar, saat ngopi bersama beberapa wartawan, Selasa 21/9/2021.

Lebih lanjut Sigar menjelaskan, KSU Waqaf Umat Mandiri tak hanya mengurusi pinjaman modal usaha, tapi juga sosial kemasyarakatan seperti menyediakan lahan pekuburan bagi anggota koperasi dan keluarga, kegiatan santunan anak panti asuhan, serta berbagi kegiatan sosial lainnya.

“Selain itu, KSU Waqaf Umat Mandiri tidak terbatas anggotanya hanya untuk satu golongan agama tertentu, melainkan untuk semua agama dan suku. Kami juga hadir bukan hanya untuk warga kota Manado, tapi untuk masyarakat Sulawesi Utara,” pungkas Togo, sapaan akrab Robby Sigar, sembari menambahkan bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut, dipersilakan mendatangi kantor KSU Waqaf Umat Mandiri.
(jefry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here