Beranda Religi DMI Boltim Lakukan Penjagaan Gereja di Malam Tahun Baru

DMI Boltim Lakukan Penjagaan Gereja di Malam Tahun Baru

215
0
BERBAGI

KOTABUNAN, LensaSulut.com – Bentuk toleransi antar umat beragama diperagakan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Dengan mengambil bagian dalam pengamanan perayaan tahun baru 2022 serta menjaga umat kristiani melakukan ibadah. Diharapakan aksi tersebut dapat berasaskan keberagaman antar sesama.

Sejumlah Gereja di wilayah Timur Totabuan pun menjadi bidikan DMI boltim membangun silaturahmi dan toleransi dengan umat kristiani. Salah satunya Gereja GMIBM Musafir Kotabunan Selatan, Kecamatan Kotabunan.

Merespon hal positif tersebut, Pendeta GMIBM Musafir Kotabunan Selatan Jacklin Wowor S.Th., mengatakan selaku anggota Gereja mereka bersyukur dan sangat berterima kasih kepada DMI Boltim yang sudah menunjukkan bahwa toleransi itu bukan sekedar slogan tetapi telah diwujudnyatakan.

“Semoga kerja sama kita antar umat beragama tetap terus terjalin. Kami juga selaku gereja sewaktu-waktu bisa berkontribusi ketika ada hajatan dan hal-hal yang dilakukan di masjid secara khusus yang ada di Kotabunan. Terima kasih atas kebersamaannya, salam toleransi,” ujar Pendeta Wowor, Jumat (31/12) malam.

Nada serupa juga dilontarkan Sekretaris Desa Kotabunan Selatan Fekky Makawimbang. Ia mengatakan, kehadiran DMI Boltim dibawah pimpinan Samsudin Dama yang datang bersilahturahmi serta turut membantu menjaga keamanan umat kristiani dalam beribadah, tidak dapat mereka balas hanya dengan ucapan, tapi kiranya Tuhan membalasnya.

“Ini menjadi berkat untuk kami semua. Semoga DMI Boltim akan semakin maju, terima kasih banyak sudah menjaga kami warga kristen untuk beribadah. Semoga amal baik bapak-bapak akan dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Makawimbang.

Sementara itu Ketua DMI Boltim Samsudin Dama, ST menuturkan, dirinya sudah mengintruksikan kepada pimpinan DMI Kecamatan untuk melakukan kegiatan yang sama.

“Sebelumnya kami sudah melaporkan ke Pak Bupati. Alhamdulillah puji Tuhan, kegiatan ini dapat respon baik dari Pak Bupati. Di kecamatan Modayag juga mereka turun dibeberapa gereja,” kata Dama.

Dituturkannya, aksi tersebut sebagai bentuk toleransi karena di dalam Islam sendiri ada namanya Habluminannas yaitu hubungan sesama manusia serta menjaga kepercayaan masing-masing.

“Ini bagian dari toleransi, memperlihatkan bahwa ini adalah kepedulian bahwa kita semua bersaudara. Tidak mudah kami untuk dipecah belahkan. Sesudah ini kami juga akan melakukan zikir di masjid, jadi sama-sama kita mendoakan,” tutur Dama.

Pria yang akrab di sapa Sadam ini memberitahukan, selain Ketua Dewan Masjid Indonesia, dirinya juga sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim yang juga mempunyai kewajiban dalam membangun silahturahmi kepada masyarakat serta dapat membantu kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat seperti kegiatan di Gereja.

“Sebagai wakil rakyat ketika ada bantuan dari pemerintah daerah, saya bisa membantu. Beberapa teman-teman juga ketika melakukan kegiatan pernah meminta bantuan kepada saya, walaupun sedikit saya bisa saling membantu, begitu juga di gereja. Kalau tidak salah di pemerintah daerah itu ada anggaran, ada sekitar 50 juta rupiah, satu untuk masjid dan satu untuk gereja,” terang Sadam.

Menurut Wakil Ketua Komisi Satu Bidang Hukum dan Pemerintahan ini, tidak menutup kemungkinan Gereja GMIBM Musafir Kotabunan Selatan, bisa memasukan proposal ke pemerintah daerah.

“Sebagai wakil rakyat saya wajib untuk mengawal itu. Terlebih khusus di Kecamatan Kotabunan karena disini tempat kelahiran saya. Tidak menutup kemungkinan gereja ini adalah gereja tertua atau awal, karena di DMI saja kami sudah menetapkan masjid jami atau masjid kecamatan,” ujar Wakil Rakyat ini.

Dijelaskan Sadam, kehadiran mereka malam itu untuk membangun silahturahmi serta membangun hubungan toleransi antar umat beragama.

“Saya atas nama pimpinan Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Bolaang Mongondow Timur mengucapkan, selamat natal dan tahun baru kepada sahabat-sahabat saya umat kristiani. Mudah-mudahan di tahun 2022, kita cepat terhindar dari penyakit wabah Covid-19. Salam toleransi,” tandasnya.

Diketahui beberapa agenda DMI malam itu, memantau sekaligus mengikuti apel bersama Polres Boltim dalam persiapan pengamanan perayaan tahun baru, melakukan silahturahmi dengan Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, S.Sos di Rumah Dinas Bupati Tutuyan, melakukan pengamanan ibadah disejumlah Gereja Tutuyan dan Kotabunan, bersilahturahmi dengan sejumlah kepolisian Polsek Urban Kotabunan, selanjutnya melakukan zikir bersama di Masjid Al-Muhajirin Desa Bulawan Dua, Kecamatan Kotabunan, dalam menyambut tahun baru 2022.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here