Beranda Politika Panwascam Tutuyan Resmi Melantik 10 Petugas PKD Pemilu 2024

Panwascam Tutuyan Resmi Melantik 10 Petugas PKD Pemilu 2024

141
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 resmi dilantik.

Kedai Naton Desa Kayumoyondi, Kecamatan Tutuyan, menjadi lokasi pelantikan 10 anggota PKD terpilih oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tutuyan, pada Minggu (5/2/2023)

Ketua Panwascam Tutuyan, Abdul Rahim Rahman mengatakan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kelurahan desa merupakan bagian Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Republik Indonesia yang berada di tingkatan kelurahan/desa yang telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 108, 109 dan 110.

Dituturkannya, Panwaslu kelurahan desa di bentuk hanya pada saat event Pemilu dan akan berakhir pula apabila Pemilu itu sudah selesai, seperti mereka juga yang ada di tingkatan kecamatan.

“Kami selaku Panwascam Tutuyan mengucapkan banyak-banyak selamat pada sahabat-sahabat Panitia Pengawas (Panwas) kelurahan desa yang baru dilantik. Semoga kalian dapat menjalankan tugas itu sebaik-baiknya dan amanah,” kata Rahman.

Ia menyebutkan, dikutip dari perkataan Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Awaluddin Umbola, bahwa mereka adalah garda terdepan Bawaslu karena berada di desa-desa dan merekalah yang mengetahui kondisi budaya kultur geografi desa serta dapat mengatur strategi pengawasan dengan baik. Menjaga marwah Bawaslu, menjaga integritas, menjaga netralitas dan juga menjaga sikap, terutama dalam bermedia sosial, karena mereka sudah menjadi Panwaslu. Bangun kerja sama yang baik bersama stakeholder, para Sangadi (kepala Desa), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPS) serta sering melakukan koordinasi di tingkatan kecamatan.

“Setelah kalian tadi diambil sumpah dan janji, maka kalian sudah resmi menjadi keluarga Bawaslu. Sumpah dan janji tadi bukan sembarangan sumpah, bukan sumpah palsu, tapi benar-benar sumpah janji kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah subhanahu wa taala yang mana kalian tidak bisa langgar,” ungkap Abdul.

Ketua Panwascam Tutuyan ini pun berharap, PKD yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik dalam pengamatan pesta demokrasi serentak yang akan berlangsung pada tahun mendatang.

“Saya mengucapkan selamat bekerja kepada sahabat-sahabat Panwaslu kelurahan desa. Semoga Allah subhanahu wa taala senantiasa melindungi, menjaga dan membuka pintu hati kita ke arah kebenaran. Membimbing kita ke jalan yang lurus, serta meridhoi niat baik kita khususnya dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan dalam Pemilu serentak tahun 2024,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Tutuyan, Idris Paputungan, yang turut hadir pada pelantikan tersebut mengatakan, hari itu ketika mereka dilantik sebagai pengawas Pemilu karena dengan sebuah tahapan seleksi sesuai dengan aturan.

“Anak-anakku adalah orang-orang terbaik, orang-orang pilihan di setiap desa. Catat dalam hati, penduduk desa yang ada di Tutuyan itu dua ribu lebih dan anda orang terbaik yang terpilih melalui mekanisme undang-undang, maka bersyukurlah pada Tuhan karena kesyukuran itu adalah melaksanakan tugas,” ujar Paputungan.

Camat memberi tahu , dalam menjalankan tugas yang terpenting adalah integritas serta kesejajaran tentang apa yang mereka baca dalam peraturan perundang-undangan.

“Belajar betul-betul dan laksanakan itu dengan sebaik-baiknya. Sebuah ibarat dengan Bawaslu tadi bahwa andalah yang mengatur lalu lintas konflik. Ingat baik-baik, yang pasti itu akan terjadi. Jangan sampai yang mengatur lalu lintas tidak mengerti lalu lintas,” tandasnya.

Turut hadir pada agenda ini juga, anggota Bawaslu Sulut Awaluddin Umbola, anggota Bawaslu Boltim Hariyanto dan Haikal Salehe, anggota Panwascam Tutuyan Ibnu Wahyu Bogdadi dan Fira Rapianty Modeong, Ketua PPK Tutuyan Kiswanto Paputungan, perwakilan Kepolisian Sektor (Polsek) Tutuyan, Kepala Sekretariat (kasek) Misran Muhsin serta seluruh staf sekretariat Panwascam Tutuyan.

Diketahui, usai dilantik PKD se-Kecamatan Tutuyan mendapatkan pembekalan.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here