Beranda Bolmong Timur Bupati Boltim Terima Gelar Adat Kanjeng Raden Tumenggung Sam Sachrul Mamonto, Darmodipuro.

Bupati Boltim Terima Gelar Adat Kanjeng Raden Tumenggung Sam Sachrul Mamonto, Darmodipuro.

349
0
BERBAGI

SOLO, LensaSulut.com – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto S. Sos.M.Si., dianugerahi gelar adat Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) oleh Keraton Surakarta Hadiningrat (Solo), Jawa Tengah.

Gelar adat tersebut diserahkan langsung oleh Ingkang Sinoehoen Kandjeng Soesoehoenan Pakoe Buewono XIII di Keraton, Rabu, (15/2/2023) Malam.

Pada saat pembacaan gelar kehormatan, nama depan dan belakang Bupati telah ditambahkan oleh Keraton, dengan nama Kanjeng Raden Tumenggung Sam Sachrul Mamonto, Darmodipuro S.Sos, M.Si.

Bupati hadir di Keraton Surakarta Hadiningrat didampingi langsung oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Boltim, Ny. Seska Ervina Budiman, S.Sos., Ketua KNPI Boltim, Izra Haliantara Mamonto, serta tokoh masyarakat Jawa yang ada di Boltim.

Sementara itu, Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto S.Sos M,Si, mengatakan bahwa ini menjadi kebanggaan bersama, sebab dalam memberikan gelar ada kriteria yang ditentukan oleh pihak keraton. Bukan sembarang memberikan dan yang mendapatkan gelar dianggap sudah menjadi kerabat dekat keraton.

“Gelar ini saya persembahkan untuk masyarakat Boltim khususnya dari suku Jawa,” beber si penunggang DB 1 N ini.

Pucuk pimpinan di Boltim ini juga menambahkan kalau, gelar-gelar tersebut bukan gelar kebangsawanan, tapi gelar adat yang diberikan karena penghormatan mereka terhadap tokoh-tokoh yang mengangkat dan melestarikan budaya Jawa termasuk di Boltim.

Diketahui Bupati Sachrul Sudah empat kali memperoleh gelar adat.

Gelar adat dari Kesultanan Ternate, Maluku Utara, yakni gelar Salahakan dan gelar adat Kabupaten Bolaang Mongondow, yakni Tule Molantud In ta Mokotariangkum, serta gelar adat Sangihe yakni Datung Banua, kali ini orang nomor satu di Bolaang Mongondow Timur kembali diberi gelar adat Kanjeng Raden Tumenggung (KRT).
(*/Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here