Beranda Bolmong Timur Sadam Berbagi Hadiah di HUT SMK Negeri 1 Kotabunan Ke16

Sadam Berbagi Hadiah di HUT SMK Negeri 1 Kotabunan Ke16

196
0
BERBAGI

KOTABUNAN, LensaSulut.com – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) ke-16 tahun.

Agenda tersebut dihelat di halaman Sekolah SMK Negeri 1 Kotabunan, Jumat (3/3/2023).

Pada kesempatan itu Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Negeri 1 Kotabunan, Sonya Sugianto S.Pd M.Pd mengatakan bahwa perayaan HUT yang ke-16 ini dirangkaikan  program kegiatan P-5 dalam kurikulum Merdeka.

“Hut ke-16 tahun SMK Negeri Satu Kotabunan berdasarkan SK kenegerian 10 February 2012. ini sebenarnya bukan cuma kegiatan ulang tahun, tapi ada program P-5 dalam Kurikulum Merdeka yang kami terapkan disini melalui pekerjaan siswa,” ucap Sugianto.

Program P-5 yang dimaksud itu kata Kepsek adalah melakukan kreativitas pada siswa sesuai dengan jurusan mereka masing-masing.

“Untuk P-5 Lebih fokus pada kreativitas siswa. di kegiatan ini mereka melakukannya sesuai dorang pe kreativitas jurusan  masing-masing. Jadi misalnya perikanan dorang berupaya bagaimana kasih kawin ikan supaya bibit itu lebih banyak dari yang alami atau kawin sendiri, karena berapa banyak yang mati itukan tidak terhitung. Yang torang pe inovasi bagaimana cara ikang yang dikawinkan agar lebih terjaga,” papar Sugianto.

Untuk peserta pihak SMK Negeri 1 Kotabunan telah memberikan undangan pada SMA, SMK se-Kabupaten Boltim. Tetapi yang hadir dalam kegiatan ini  hanya beberapa sekolah seperti SMA Modayag dan SMK Modayag Barat, SMA Kecamatan Tutuyan, SMA Kecamatan Kotabunan.

“Untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu diikuti oleh tiga desa yakni. Tutuyan, Ratatotok, Kotabunan,” ungkapnya.

Kepsek menambahkan untuk pembukaan lomba dimulai hari, Senin. Adapun lomba olahraga yang diperlombakan yakni bulu tangkis, futsal, bola voli dan tenis meja.

“Pembukaan lomba dari hari Senin, dengan olahraga bulu tangkis dan futsal, voli, tenis meja. Untuk seni ada tari, puisi, karya seni tradisional. Untuk peserta diundang juga SMP karena sekaligus sosialisasi sekolah, juga SMA SMK se-Boltim diundang,” tutur Sugianto.

Dirinya mengaku bersyukur dengan kehadiran Samsudin Dama anggota Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) yang telah mendukung program kelangsungan pendidikan di Sekolah SMK Negeri 1 Kotabunan.

“Bersyukur sekali ada dukungan dari anggota dewan, supaya torang punya program disini diperhatikan kemudian akan mendukung kelangsungan pendidikan di SMK. Ini luar bisa ada anggota DPRD apa lagi turut membagikan hadiah dengan melakukan kuis. Itu memicu dorang pe semangat belajar,” ucapnya.

Ia berharap dengan melakukan program  kegiatan merdeka ini semoga para Siswa dan Siswi akan belajar meningkatkan kreativitas lewat program merdeka ini.

“Mudah-mudahan lewat acara ini akan terlaksana program merdeka belajar juga sosialisasi sekolah dan harapan untuk siswa semoga dorang pe kreativitas bertambah kemudian lewat ajang ini mereka tau kalau dorang pe bakat apa,” harap Sugianto.

Kegiatan yang diperagakan Kepsek SMK Negeri 1 Kotabunan tersebut mendapat apresiasi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Boltim Samsudin Dama, ST., ME.

Menurut Samsudin Dama (Sadam) selaku anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, kegiatan ini merupakan lompatan dan ide-ide cemerlang, Kepsek kata Sadam, sangat luar biasa.

“Saya memberikan hadiah pada mereka, yang kedua apresiasi pada Kepala sekolah ada lompatan-lompatan yang sangat luar biasa yang dilakukannya dan ide-ide cemerlang dalam hal ini fashion show, membuka pemilihan putra putri artinya ini luar biasa, ini akan menjadi perhatian saya sebagai wakil rakyat,” ketus Sadam.

Sadam pun memastikan dirinya akan menyampaikan program P-5 SMK Negeri 1 Kotabunan ke pihak Provinsi.

“Saya akan konsultasi ke provinsi dan akan menyampaikan pada dinas provinsi, artinya walaupun sekolah ini ada di desa tapi berfikir untuk menjadi masyarakat perkotaan yang lebih maju, itu sudah sementara dilakukan,” pungkasnya.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here