Beranda Religi Pesan Gubernur dan Kakanwil Kemenag di Pelepasan Jama’ah Haji Sulut 2023

Pesan Gubernur dan Kakanwil Kemenag di Pelepasan Jama’ah Haji Sulut 2023

152
0
BERBAGI

MANADO, LensaSulut.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, secara resmi melepas Jamaah Calon Haji (JCH) sekaligus memberikan dana tali kasih secara simbolis kepada 753 JCH Sulut yang diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Utara, Hi. Asripan Nani, mewakili Gubernur, pada Kamis 15 Juni 2023 siang.

Acara pelepasan hari ini memberangkatkan jama’ah yang masuk dalam kloter 16 sebanyak 299 JCH ke embarkasi Balikpapan dari Wisma Haji Tuminting Manado. Dari 299 JCH, sudah termasuk lima petugas dan dua pembimbing haji daerah.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Sulawesi Utara Hi. Sarbin Sehe melaporkan, bahwa Sulut mendapatkan penambahan kuota yang sebelumnya hanya 713, menjadi 753 orang JCH.

“Penambahan kuota untuk Sulut pada tahun 2023 sebenarnya menjadi 758 jamaah. Akan tetapi pada proses pelengkapan administrasi hingga hari ini yang bisa terisi hanya 753 jamaah,” bebernya.

Kakanwil pun mengucap syukur karena proses persiapan hingga pemberangkatan tahun ini tidak mengalami kendala berarti. Ia pun menyampaikan terimakasih kepada pemerintah provinsi dan gubernur Olly Dondokambey, serta seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya pemberangkatan dan pemulangan JCH asal Sulut.

Selain itu, Kakanwil mengimbau jamaah haji asal Sulawesi Utara agar tetap terus menjaga kesehatan dan tetap mengikuti instruksi petugas agar pelaksanaan ibadah bisa berjalan dengan baik dan maksimal.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Utara dalam sambutan yang dibacakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulawesi Utara, Hi. Asripan Nani menyatakan rasa bangganya terhadap 753 JCH yang akan melakukan proses ibadah haji tahun ini.

Gubernur juga berpesan agar seluruh JCH serta petugas agar selalu menjaga kesehatan. “Jaga kesehatan dan selalu memperhatikan peraturan dan arahan petugas haji. Semoga seluruh proses pelaksanaan ibadah berjalan dengan lancar dan kembali ke tanah air sesuai yang kita harapkan semuanya. Semoga menjadi haji mabrur,” harap Gubernur.
(jea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here