Beranda Bolmong Timur Petani Boltim Disuport Puluhan Alsintan.

Petani Boltim Disuport Puluhan Alsintan.

752
0
BERBAGI
Kadis Pertanian Setiono.

BOLTIM, lensasulut.com – Petani di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Pemerintah Republik Indonesia (RI). Bantuan dimaksud, berupa 29 unit hand tracktor. Rencananya, Alsintan akan disebarkan ke seluruh kecamatan. Demikian Kepala Dinas Pertanian Boltim, Setiono belum lama ini.

“Puluhan alat pertanian dalam proses penyaluran secara bertahap untuk setiap kecamatan. Selain itu, ada juga 6 tracktor besar dan puluhan pompa air yang kami bagikan ke warga,” ujar Setiono.

Bantuan tersebut katanya, diserahkan ke masing-masing kelompok usaha pengelola jasa Alsintan di setiap kecamatan. Pun bantuan ini bertujuan, memberdayakan ekonomi rakyat dan membantu meringankan biaya petani dalam mengelola tanah.

Pemberian bantuan ini lanjutnya, merupakan bagian dari pelaksanaan program pemberdayaan pemerintah RI. Dirinya optimis. Dengan bantuan tersebut menurutnya, petani bisa mendapatkan hasil maksimal dalam hal produksi pertanian.

“Anggarannya hampir 3 Miliar Rupiah yang bersumber dari APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara). Masih ada lagi, bantuan yang akan masuk ke Boltim. Di antaranya Kutivator dan mesin perontok multi guna yang sedang dalam pengiriman,” tambahnya.

Bagi masyarakat penerima bantuan tegas Setiono, hendaknya memberdayakan Alsintan dengan baik. Setiap kelompok tani penerina bantuan wajib bertanggung jawab penuh pada pemanfaatannya dan perawatan.

“Bantuan ini tidak bisa dijual. Jika kedapatan,, akan ditindak pidana sesuai dengan aturan yang berlaku,” pungkasnya. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here