Beranda Uncategorized Curah Hujan Februari Tinggi, Ini Pesan BPBD Manado

Curah Hujan Februari Tinggi, Ini Pesan BPBD Manado

491
0
BERBAGI
Ilustrasi Curah Hujan Tinggi

MANADO,lensasulut.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado mengeluarkan imbauan kepada masyarakat, untuk tetap waspada bencana karena hujan masih berpotensi turun.

Kepala BPBD Manado Max Tatahede

“Berdasarkan informasi dari BMKG, hujan disertai angin kencang masih berpotensi terjadi sehingga masyarakat harus tetap waspada agar terhindar dari bencana,” kata Kepala BPBD Manado, Maximilian Tatahede SSos, di Manado, Senin (11/2/2019).
Tatahede mengatakan, akibat cuaca ekstrem, ada pohon tumbang yang menimpa rumah sejumlah warga. Akibatnya kata Tatahede, rumah rusak parah, untung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, tetapi kerugian diperkirakan cukup besar.
Sebab itu, Tatahede minta masyarakat waspada dan jangan sampai lengah, ketika angin mulai beriup kencang dan hujan turun segera menyingkir ke area yang aman.
“Jika sedang berada di jalan dan ada pohon, sedapatnya menjauh supaya tidak menjadi korban ketika tumbang, begitu juga saat ada di rumah yang dikelilingi pohon menyingkir dulu ke tempat yang aman,” katanya.
Dia mengatakan harus menyingkir meskipun ada di rumah saat angin kencang untuk menghindari agar tidak menjadi korban kala pohon tumbang menimpa rumah, juga kalau ada di lereng yang rawan longsor.
Tatahede minta segera menyingkir agar tidak menjadi korban kala terjadi bencana, juga yang bermukim di kawasan rawan banjir, mengungsi dulu kalau hujan sudah turun lebih dari setengah jam dengan deras.
Dia juga minta masyarakat segera melapor ke nomor telepon bebas pulsa 112 begitu ada bencana terjadi sehingga pemerintah bisa melakukan penanganan secepat mungkin.
Selain itu, Tatahede mengatakan juga berkoordinasi dengan semua pihak mulai dari kepala lingkungan, lurah sampai camat, dinas sosial, kesehatan, Tagana, PMI, dan RAPI sehingga bisa mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang terjadi. (Rahmat Surat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here