Beranda Bolmong Timur Publik Nuangan Ambil Alih Mata Air Tuilan, Pemda Siap Kelola.

Publik Nuangan Ambil Alih Mata Air Tuilan, Pemda Siap Kelola.

843
0
BERBAGI
Foto ilustrasi

NUANGAN lensasulut.com — Pasca diputusnya saluran air bersih oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bolaang Mongondow (Bolmong), publik Nuangan Bersatu, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) ambil alih mata air yang terletak di perkebunan Tuilan Desa Idumun Kecamatan Nuangan, Rabu (20/2).

Mengetahui hal itu, saat Kunjungan Kerja (Kunker) ke-5 di Kecamatan Nuangan pada Senin, 18 Februari 2019 lalu, Bupati Boltim Sehan Landjar tegaskan kepada seluruh masyarakat Nuangan Bersatu untuk megelola air bersih tersebut.

“Ambil alih saja. Saya siapkan dana 200 juta rupiah untuk biaya perbaikan dan menyambungan saluran air bersih untuk segera masuk ke Nuangan Bersatu,” pungkasnya.

Menurutnya, jika sudah selesai perbaikan, diserahkan ke masing-masing desa untuk mengelolanya.

“Baiknya dikelola oleh 6 (enam) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang ada dan aktif, dan memberikan tarif yang sangat murah kepada pemakai demi meringankan iuran air bersih yang sebelumnya sangat mahal,” sebut Sehan.

Dirinya meminta Dinas Sosial Boltim untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Nuangan Bersatu sebelum air bersih Tuilan masuk di desa-desa.

“Dinas Sosial akan turunkan Tanki untuk melayani masyarakat Nuangan Bersatu yang kesusahan air bersih,” kuncinya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Rudi S. Malah mengatakan, mobil tanki Dinsos akan segera melayani masyarakat Nuangan Bersatu.

“Tangki Air Bersih, sejak kemarin, Selasa (19/2/19) telah diturunkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Nuangan Bersatu,” tuturnya. (rey)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here