Beranda Manado Antra Sulut Serahkan Peralatan Tangkap Ikan ke Nelayan Tradisional

Antra Sulut Serahkan Peralatan Tangkap Ikan ke Nelayan Tradisional

347
0
BERBAGI

MANADO, LensaSulut.com – Asosiasi Nelayan Tradisional (Antra) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan penyerahan bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan tradisional. Kegiatan ini merupakan salah satu program karena Antra merupakan organisasi mitra pemerintah untuk meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan nelayan tradisional di Sulut.

Penyerahan secara simbolis mesin motor tempel dilakukan langsung oleh Dr. Rignolda Djamaludin M.Sc sebagai ketua Antra Sulut kepada perwakilan kelompok nelayan di pantai kinamang kelurahan Malalayang II, kecamatan Malalayang kota Manado, Sabtu 27/3/2021.

“Penyerahan bantuan peralatan ini akan dikembangkan di seluruh kabupaten/kota lainnya. Ini hanya secara simbolis, dan setiap daerah ada spesifikasinya yang nantinya akan dikoordinasikan,” ungkap Rignolda.

Selain itu kata Rignolda, Antra Sulut juga sudah menyediakan peralatan koordinasi di laut dan fasilitas penunjang komunikasi dari darat dengan para nelayan yang sedang melakukan aktivitas menangkap ikan.

“Ini menjadi impian saya sejak lama kemudian memobilisasi teman teman pengurus Antra untuk bagaimana menyediakan fasilitas pusat komunikasi yang peralatannya berada di laut yang akan memberikan banyak informasi tentang keadaan cuaca, keberadaan ikan, dan lain-lain. Jadi ini namanya mobile speed yang akan memicu semangat serta peningkatan pendapatan nelayan,” jelas Rignolda saat diwawancarai sejumlah media.

“Saat ini kami juga sudah membangun fasilitas radio yang sementara dalam pengurusan dan mungkin minggu depan ijinnya sudah keluar. Fasilitas ini akan menjadi pusat data base dan komunikasi di laut, jadi base darat ada di fasilitas ini. Hal ini menjadi perhatian karena biasanya ada nelayan melihat cuaca hanya dengan mata saja. Jadi informasi terupdate perubahan cuaca dari BMKG bisa langsung diterima oleh nelayan agar segera menjauh,” sambungnya.

“Nantinya kami akan berupaya membangun stasiun BBM yang bisa dijangkau secepatnya oleh nelayan. Apalagi selama ini pemerintah terus ada bersama nelayan tradisional dengan segala skema dan program, termasuk di masa pandemi ini,” imbuhnya.
(jefry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here