Beranda Manado Larangan PD Pasar Kepada PKL Jadi Sorotan Hingga Minta Perhatian Walikota

Larangan PD Pasar Kepada PKL Jadi Sorotan Hingga Minta Perhatian Walikota

584
0
BERBAGI

MANADO, LensaSulut.com – Terkait kebijakan PD Pasar Manado yang melarang berjualan kepada PKL musiman yang berjualan setiap hari Minggu di area Ruko Calaca, mendapat tanggapan negatif.

Diketahui sebelumnya, PD Pasar Manado pada Sabtu 12/2/2022 malam, melakukan pengumuman bersifat kebijakan, melarang berjualan kepada pedagang musiman khusus hari Minggu di area tersebut, dengan alasan, area itu dikhususkan untuk pedagang sayur dan rica tomat.

Robi Sigar, salah seorang aktivis pedagang mengatakan bahwa kebijakan tersebut seharusnya bukan domain PD Pasar. Karena menurutnya, PKL dan Parkir di luar area pasar bukan domain PD pasar, tapi Dinas terkait seperti Dispenda, Dinas Perhubungan, dan Sat Pol-PP untuk penataan dan retribusi PKL.

Ia pun berharap, Walikota Manado harus memperhatikan persoalan ini, termasuk masalah yang dirasakan para pedagang relokasi Pasar Bersehati yang saat ini sedang revitalisasi.

“Kami minta perhatian Walikota untuk masalah ini karna masalahnya terpisah antara pedagang pasar dan PKL. Karena persoalan ini sebagaimana diatur oleh Perpres nomor 125 tahun 2012, tentang Koordinasi Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima,” ujar Sigar.

Selain Perpres, persoalan ini menurutnya diatur juga dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 41 tahun 2012 tentang Pedoman Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima.

“Bahkan juga persoalan PKL diatur dalam Permenkop dan UKM nomor 16 tahun 2018 tentang Pelaksanaan Penataan Kawasan Kaki Lima. Jadi ini persoalan penting yang harus diperhatikan oleh Walikota, karena ini menyangkut pemberdayaan ekonomi masyarakat dan usaha kecil,” ujarnya.

“Walikota jangan lakukan pembiaran kepada PD Pasar yang selama ini dirasakan tak objektif menerapkan fungsinya. Ini kami sampaikan untuk kebaikan semua, khususnya masyarakat pedagang pasar dan PKL. Dan kami berharap Walikota hadir berdialog langsung dengan pedagang pasar dan PKL untuk menuntaskan berbagai masalah yang tak pernah tuntas. Apalagi masalah penataan pasca dimulainya revitalisasi Pasar Bersehati,” pinta Togo, sapaan akrab Robi Sigar.
(jea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here