Beranda Bolmong Timur Tindak Lanjut Instruksi Bupati, Camat Kotabunan Gelar Simulasi Damkar.

Tindak Lanjut Instruksi Bupati, Camat Kotabunan Gelar Simulasi Damkar.

222
0
BERBAGI

KOTABUNAN, LensaSulut.com – Menindak lanjuti intruksi Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S Sos,. M.S.i, maka, Camat Kotabunan Idrus Paputungan gelar simulasi pengenalan cara mengoperasikan pemadam kebakaran, oleh personil Damkar, Sabtu 2/4/2022.

Kegiatan simulasi dilaksanakan di Desa Kotabunan, yang diperagakan oleh linmas Kecamatan Kotabunan.

Seperti dijelaskan Camat Kotabunan, Idrus Paputungan, kalau kegiatan ini, menanggapi intruksi Bupati, karena tahun ini ada beberapa rumah yang terbakar di Kecamatan Kotabunan.

“Kegiatan simulasi untuk menindak lanjuti perintah Bupati, maka saya langsung berkordinasi dengan Kasat Pol PP, untuk Damkar satu diletakkan di Desa Kotabunan, karena untuk meminimalisir kebakaran di wilayah ini,” jelas Camat Kotabunan.

Dan untuk pengoperasian damkar ini, kata Camat, itu sekurang- kurangnya setiap desa ada dua orang linmas. Jadi ketika ada dua orang, maka mereka itulah yang akan berperan di desa ketika ada kebakaran.

“Jadi minimal setiap desa itu, ada dua orang, jadi ketika ada dua orang, maka dorang inilah yang berperan di desa, sebentar untuk menghubungi call center kebakaran, atau dalam keadaan darurat menunggu petugas dari bawah (Tutuyan-red), dorang bisa operasikan ini mobil,” terangnya

Camat juga menjelaskan kalau untuk kecamatan, itu ada call center dan ada juga call center khusus pemadam kebakaran.

“Sehingga pendekatan informasi untuk masyarakat lebih dekat, karena linmas ini jika terjadi kebakaran, maka merekalah yang langsung menuju kelokasi. Sebab masih banyak yang tidak punya nomor pemadam kebakaran, atau tidak punya hp. Karena menjadi kendala selama ini, ternyata komunikasi yang lambat, kadang dari pihak pemadam mereka melihat di postingan kalau ada kebakaran, tapi menghubungi mereka itu tidak ada, maka sekarang mereka sudah serahkan call center,” beber Camat.

Menanggapi hal terpuji dari bupati itu, maka Hasni Mokodompit, warga Desa Kotabunan pun angkat bicara.

“Saya sebagai masyarakat, sangat bersyukur dengan adanya mobil damkar di Desa Kotabunan, dan saya juga sebagai masyarakat sangat berterimakasih kepada pak Bupati,” tandas Hasni Mokodompit.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here