Beranda Uncategorized Gendang Sahur Terus Dilestrarikan Pemuda Desa Kotabunan Barat

Gendang Sahur Terus Dilestrarikan Pemuda Desa Kotabunan Barat

359
0
BERBAGI

KOTABUNAN, LensaSulut.com – Tradisi gendang sahur di tanah para Bogani Timur Totabuan terus dilestarikan pemuda Desa Kotabunan Barat, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Aksi ini kembali diperagakan mereka saat membangunkan sahur keliling di Desa Kotabunan, Sabtu (16/42022).

Ketua pemuda Kotabunan Barat Hendy Mudul mengatakan, tradisi membangunkan warga untuk menyantap makan sahur ini sudah dilakukan mereka sejak dulu.

“Sejak dulu kami tetap begini, membangunkan sahur di lorong-lorong kecil atau rumah warga yang jauh dari posko ramadan dan Masjid, karena mungkin mereka sudah kecapean dan tidak bisa bangun, maka kami turut membantu membangunkan sahur,” ujar Mudul.

Dituturkannya, gendang sahur keliling tersebut juga turut dibantu oleh pemuda desa tetangga khususnya Kotabunan.

“Untuk rute lokasi malam ini, pertama di dusun dua Kotabunan disamping rumah Pak Camat Kotabunan dan lanjut di Desa Bulawan, kemudian rute terakhir di Desa Bulawan Satu. Besok malam kalau tidak ada halangan ada lagi,” terangnya.

Dikatakan Hendy, sahur keliling ini dimulai pada jam dua tepat sampai dengan jam setengah empat. Ia pun memberitahu, kalau masih ada kesempatan dan kekompakan aksi mereka ini akan dilakukan sampai mendekati malam takbir.

“Anak-anak sambil nyanyi gendang sahur, warga memberikan sumbangan. Insya Allah kalau terkumpul lumayan banyak, kami sumbangkan di Masjid,” tandasnya.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here