Beranda Manado Belajar Pala dan Ikan, MDMC Sulteng Kunjungi Dua Kota di Sulut.

Belajar Pala dan Ikan, MDMC Sulteng Kunjungi Dua Kota di Sulut.

296
0
BERBAGI

MANADO, LensaSulut.com – Program Manager MDMC, Fery eL Shirinja, menemui sejumlah nelayan di Pantai Boulevard 2 Kelurahan Maasing Lingkungan III, Kota Manado, Jumat (30/9/2022).

Kunjungan tersebut kata Fery, adalah rangkaian kegiatan MDMC dari Sulawesi Tengah (Sulteng) di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut)

“Saat ini tim MDMC dari Sulteng, tengah belajar di kota Manado. Mereka mempelajari pengolahan pala dan ikan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di Sulawesi Tengah pasca bencana alam 28 September 2018 silam,” ujarnya saat diwawancarai.

Menurut Fery, saat ini mereka sedang membawa kelompok usaha produksi masyarakat dari Wilayah dampingan MDMC di Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah.

“Ada 17 kelompok usaha produsen masyarakat yang Kami dampingi, semuanya adalah penyintas bencana di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) pada 28 September 2018 silam,” Jelas Fery.

Kata Fery, Kelompok usaha yang didampingi ada tiga jenis usaha yaitu usaha Pengolahan pala, usaha pengolahan Kelapa (Kopra Putih), dan usaha ikan segar.

“Untuk pala, saat ini kita bawa belajar ke perusahaan-perusahaan besar pengelola di Manado,” terangnya.

Sementara untuk usah ikan lanjutnya, direncanakan juga akan belajar di Manado dan atau di kota Bitung. “Maka itulah, hari ini, kita menyambangi nelayan serta beberapa kelompok nelayan di Manado ini, untuk melakukan penjajakan dan informasi awal” tuturnya.

Saat tiba di Manado, kata Fery, pihaknya juga sudah berkunjung ke Bitung, terutama di pelabuhan Bitung. “Kita tahu bersama bahwa Bitung dan Manado ini pusatnya ikan. Begitu juga pala,” jelasnya

Yang pasti terang Fery, bahwa banyak hal-hal baru yang didapatkan dalam kunjungan belajar saat ini, khususnya bagi kelompok usaha produsen binaan MDMC.

“Kami sangat berterimakasih kepada semua pihak, baik perusahaan pala maupun kelompok nelayan di sini yang baik dan ramah menyambut kami,” tandasnya.
(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here