Beranda Bolmong Timur Dinas Pendidikan Boltim Bersama BSG Akan Merancang Aplikasi BOP PAUD

Dinas Pendidikan Boltim Bersama BSG Akan Merancang Aplikasi BOP PAUD

85
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), telah bekerja sama dengan Bank SulutGo dalam merancang aplikasi Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau setara untuk tahun 2023.

Hal tersebut seperti dikatakan Kadis Pendidikan Boltim, Yusri Damopolii, kalau di tahun 2023 proses pembelanjaan dana BOP itu harus menggunakan non tunai. Tidak boleh ada pengeluaran- pengeluaran yang dibayar secara tunai harus secara non tunai.

“Nah, kami dari Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Bank SulutGo lagi menyiapkan aplikasi proses pembayaran non tunai itu. Dan tadi sudah dilakukan sosialisasi awal sehubungan dengan perencanaan untuk bagaimana cara menginput berbagai item pengeluaran di dalam sebuah aplikasi itu,” ucap Damopolii. Kamis 3/11/2022.

Diungkapkan Kadis Pendidikan Boltim, kalau hal ini sangat menunjang. Terutama bagi semua pengelola yang ada di PAUD untuk bagaimana tertib administrasi.

“Dan yang kedua mempermudah pihak lembaga dan bendahara untuk proses pembayaran, karena bendahara tidak lagi memegang uang. Akan tetapi bendahara sekarang hanya menggunakan sistem itu dan dana itu akan ditransfer langsung kepada pihak ketiga,” beber Damopolii.

Ini juga sudah menjadi peraturan dari Menteri Keuangan kata Damopolii, berbagai jenis belanja. Itu sudah harus menggunakan pembelanjaan secara non tunai. Tidak boleh lagi ada tunai atau secara langsung.

“Untuk pembekalannya dimulai januari. Dan akan diundang semua operator serta pimpinan lembaganya, untuk dilakukan Bimtek khusus tentang bagaimana cara menginput program kegiatan, bagaimana cara Kepala Sekolah mengecek anggaran kegiatan dan bagaimana Dinas Pendidikan memverifikasi, dan itu akan dimulai tahun depan,” tandas Damopolii.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here