Beranda Bolmong Timur Pemda Boltim Gelar Upacara Bela Negara Ke-74 dan Peringatan Hari Korpri

Pemda Boltim Gelar Upacara Bela Negara Ke-74 dan Peringatan Hari Korpri

244
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Upacara Hari Bela Negara yang ke-74 tahun 2022, sekaligus dirangkainkan dengan peringatan hari Korpri.

Upacara yang dipimpin oleh Sekretaris Dearah (Sekda) Boltim, Dr. Ir. Jefrry Sonny Warokka, P.hD, dilaksanakan di halaman kantor bupati, Senin 19/12/2022.

Pada kesempatan itu, Sekda mewakili bupati membacakan sambutan Presiden Jokowi menyampaikan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunianya, sehingga pada tanggal 19 Desember 2022 ini dapat memperingati hari Bela Negara yang ke-74.

“Melalui peringatan ini kita meneguhkan niat kita, bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa,“ ucap Sekda.

Panglima ASN di Boltim ini juga menyampaikan, kalau seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara, serta mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, ia berharap harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara.

“Bela negara adalah sikap perilaku dan tindakan warga negara baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan negara. Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggungjawab dan rela berkorban kepada bangsa dan negara,“ beber Sekda.

Lebih lanjut Sekda menjelaskan, nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara serta setia pada pancasila sebagai ideologi negara. Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing.

“Jadikanlah hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat serta kewajiban dalam mempertahankan kedaulatan NKRI yang kita cintai, “ imbuhnya.

“Semoga Allah SWT, Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan, petunjuk dan bimbingan dalam upaya kita untuk meraih Indonesia maju, bersatu, berdaulat, mandiri, dan sejahtera. Selamat hari bela negara ke-74, “ tuntas Sekda.

Pada kesempatan itu juga, Sekda menyerahkan SK Penisun kepada salah satu ASN yakni Noortje Sherly Songgigilan mantan Kabid Disdukcapil Boltim. Penyerahan SK tersebut disaksikan langsung para Asisten dan seluruh pimpinan SKPD.
(*/Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here