Beranda Bolmong Timur Besok, Bupati Sachrul Akan Dianugerahi Gelar Adat Dari Kekratonan Solo

Besok, Bupati Sachrul Akan Dianugerahi Gelar Adat Dari Kekratonan Solo

247
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Besok tanggal 15/2/2023 Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sam Sachrul Mamonto S.Sos. M.Si., akan menerima gelar adat Kanjeng Raden Emas Tumenggung oleh Kekratonan Hadiningrat Solo.

Pemberian gelar adat tersebut, karena Kabupaten Boltim telah sukses menggelar berbagai festival budaya, salah satunya Festival budaya Jawa, dan itu mendapat perhatian dari Keraton Hadiningrat Solo.

Hal tersebut seperti diungkapkan pucuk pimpinan Boltim saat menerima gelar adat Tule Molantud oleh empat eks swapraja Bolaang Mongondow Raya di Rudis Bupati Boltim belum lama ini.

“Pada tanggal 15 nanti saya diundang oleh kekratonan hadiningrat solo untuk diberikan gelar adat. Gelar adatnya Kanjeng Raden Emas Tumenggung, itu mereka berikan karena saya melaksanakan Festival Jawa dan kraton melihat bahwa salah satu daerah yang begitu menghargai adat Jawa adalah Bolaang Mongondow Timur. Maka saya diundang langsung oleh pihak Kraton Surakarta untuk diberikan gelar adat sekaligus menjadi kerabat kekratonan Yogyakarta,” ucap bupati Sachrul.

Orang nomor satu di totabuan paling timur ini pun mengungkapkan, kalau apa yang didapat itu, tidak akan membuat ia bangga, karena ini adalah prestasi kita semua orang Boltim.

“Tapi kemudian semua gelar ini tidak akan membuat saya jadi bangga tapi saya merasa harus bisa menjadi apa yang telah diberikan oleh tokoh-tokoh adat bukan hanya di Bolaang Mongondow, tapi di Nusantara. Dan ini adalah sebuah prestasi kita semua termasuk orang Bolaang Mongondow Timur yang begitu membantu saya dalam melaksanakan festival budaya di Bolaang Mongondow Timur,” tandasnya.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here