Beranda Bolmong Timur Empat Tahun Diusulkan, Ake Berharap Drainase di Bulawan Satu Terealisasi.

Empat Tahun Diusulkan, Ake Berharap Drainase di Bulawan Satu Terealisasi.

271
0
BERBAGI

KOTABUNAN, LensaSulut.com – Selain bantalan sungai, Pemerintah Desa Bulawan Satu, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) memprioritaskan saluran drainase.

Hal tersebut seperti dikatakan Sangadi (Kepala Desa) Bulawan Satu, Ramlan Ake, jumat 3/3/2023.

“Selain bantalan sungai, ada satu daerah yang setiap kalau hujan selalu banjir dan genangan air itu ternyata tidak ada saluran pembuangan, jadi air hanya diam di tempat karena di sebelahnya gunung dan di bawahnya rumah, maka airnya tergenang,” terang Ake saat disambangi di tempat kerjanya.

Sangadi juga menjelaskan, kalau drainase tersebut sangat penting di wilayah itu, karena demi kenyamanan warga, dan hal ini sudah diusulkan sekitar empat tahun ini, tapi belum juga terealisasi.

“Seharusnya ada saluran, kalau kami boleh bikin, tapi persoalan kalau saluran tidak bisa bertahap. Karena kalau bicara bertahap misalnya hanya dua puluh meter kemudian terhenti setahun kemudian hujan terus maka itu hanya bikin musibah kepada mereka. Jadi harus bikin sekalian dan ini juga sudah disampaikan kepada kadis PU, Kadis juga sampaikan kalau pas hujan keras maka video call agar dia bisa lihat. Ini juga sudah sekitar empat tahun diusulkan tapi belum terealisasi sampai sekarang, tapi kata kadis mudah- mudahan tahun ini ada anggaran agar bisa terealisasi,” beber Ramlan Ake.

Di jelaskan Sangadi, kalau cara pembuatan dengan menggunakan beton itu rumit, maka gunakan sistem pembuangan menggunakan pipa.

“Jadi kalau mau bikin saluran dalam bentuk beton akan rumit, maka dalam bentuk pipa. Jadi misalnya di situ bikin macam kolam penampung, lalu pakai pipa dan pakai kran. Nanti jika musim hujan bisa buang melalui pipa itu, tapi kalau musim panas, masyarakat bisa manfaatkan air tersebut untuk menyiram tanaman,” jelasnya.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here