Beranda Religi Meriahkan Lebaran Ketupat, Pemuda Karang Taruna Desa Bulawan Satu Gelar Sembilan Lomba.

Meriahkan Lebaran Ketupat, Pemuda Karang Taruna Desa Bulawan Satu Gelar Sembilan Lomba.

277
0
BERBAGI

KOTABUNAN, LensaSulut.com – Untuk lebih memeriahkan Hari Raya Ketupat di Desa Bulawan Satu, maka Pemuda Pelopor Jaya Desa Bulawan Satu akan menggelar sembilan lomba dengan memperebutkan bermacam hadiah yang menarik.

Hal tersebut seperti dikatakan Ketua Karang Taruna Pelopor Jaya Bulawan Satu, Supardi Abram, Selasa 2/5/2023.

“Ada sembilan lomba yang akan dibuat di Desa Bulawan Satu, yaitu lomba adzan, busana muslim, lari karung, lari kelereng, balap tepung, motor lambat, kemudian tarik tambang, dan adalagi. Pokoknya ada sembilan lomba,” tutur Abram.

Supardi juga menjelaskan, kalau lomba yang akan mereka gelar ini, tidak hanya untuk Desa Bulawan Satu, dari desa tetangga juga bisa mengikuti lomba tersebut.

“Kalau dari Desa Kotabunan juga boleh mo bergabung, selagi pendaftarannya belum ditutup, dan batas pendaftaran sampai besok, Dan untuk hadiahnya ada bermacam- macam, dan untuk ibu- ibu ada minyak goreng dan masih banyak lagi, pokoknya bervariasi,” beber Abram.

Pria berdarah Sangihe ini juga menjelaskan, kalau kegiatan ini bukan hanya sekedar lomba, tapi  bisa menciptakan satu kebersamaan.

“Semoga dengan kegiatan ini torang pe kebersamaan, baik itu dalam lingkup perbedaan agama, suku akan lebih erat lagi,” ucap Abram.

Menanggapi hal tersebut, Sangadi (Kepala Desa) Bulawan Satu Ramlan Ake, mengatakan kalau Pemerintah setempat sangat mensuport dengan kegiatan yang dilakukan oleh pemuda Karang Taruna Pelopor Jaya Bulawan Satu.

“Terutama, anak-anak tidak vakum, ada kegiatan dalam rangka pasca lebaran ini ada ide- ide yang di masukan oleh pemuda tentu pemerintah desa harus mensuport itu. Seperti ini ada sekitar sembilan lomba, dan itu masyarakat juga disini sangat antusias sekali, karena beberapa tahun sebelumnya kan tidak terlaksana kegiatan seperti ini,” ucap Ake.

Ake juga menjelaskan, kalau Pemuda Karang Taruna yang baru terbentuk ini terlihat sangat aktif.

“Sangadi melihat potensi, karena para pemuda ini sangat aktif, nah tentunya pemerintah juga harus aktif. Dalam hal ini tidak pasif, karena kalau pasif tentunya tidak berjalan semua ini,” bebernya.

Kegiatan yang dilakukan oleh pemuda Karang Taruna ini juga sangat bermanfaat, kata Ake, karena bisa berdampak baik bagi anak- anak yang mengikuti lomba.

“Kemudian disini torang juga bisa menghasilkan bibit- bibit, misalnya ada kegiatan lomba seperti adzan, itu juga memotivasi juga anak- anak dalam rangka kegiatan keagamaan, ada lomba busana, kemudian ada kegiatan lain- lain yang ditambahkan disini. Tentunya menambah semarak suasana pasca lebaran ini, disamping itu ada juga nilai positif disini. Nilai positifnya terutama anak- anak yang belum terlalu mengenal bagaimana itu adzan, bagaimana itu anak- anak perempuan untuk berbusana, itu adalah nilai- nilai positif,” terangnya.

“Saya rasa, kita ambil nilai positif saja dalam kegiatan ini, dan Insyaallah ke depan, harapannya torang akan jadi motivasi bagi anak- anak yang lain dan generasi selanjutnya,” harapnya.

Pucuk pimpinan di Desa Bulawan Satu ini juga menjelaskan, kalau kegiatan seperti ini baru pertama kali digelar, dan dia berharap agar kegiatan tersebut akan terus dilakukan.

“Sejak terbentuknya Karang Taruna, ini adalah kegiatan yang pertama kali, dan Insyaallah ini akan berlanjut sampai seterusnya, dan saya berharap juga agar kegiatan seperti ini bisa menggali potensi- potensi, kemudian ada ide- ide yang di dapat dari luar daerah bisa kita kembangkan disini, supaya pemuda itu bisa memberdayakan diri mereka, kemudian bisa diikuti oleh generasi- generasi selanjutnya, apalagi pemerintah mendukung dan warga masyarakat setempat mendukung, itu yang paling penting,” tandas Pucuk pimpinan di Desa Bulawan Satu ini.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here