Beranda Bolmong Timur Perekrutan Security di PT ASA Banyak Kejanggalan dan Dinilai Tantang Pemda

Perekrutan Security di PT ASA Banyak Kejanggalan dan Dinilai Tantang Pemda

208
0
BERBAGI

KOTABUNAN, LensaSulut.com – Perekrutan security officer di perusahaan tambang emas PT Arafura Surya Alam (ASA) yang beroperasi di wilayah Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mogondow Timur (Boltim), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melalui PT Group 4 Securicor (G4S) pada bulan Mei lalu banyak kejanggalan.

Hal tersebut diungkapkan tokoh pemuda Boltim, Asmawan Lasambu. Ia menegaskan, pemeriksaan berkas yang dilakukan oleh Human Resource Development (HRD) PT ASA sangat amburadul.

“Masyarakat lingkar tambang mempertanyakan penerimaan security lewat HRD PT ASA. Banyak kejanggalan yang telah dilakukan, misalnya dalam pemeriksaan berkas. Salah satu contoh, nama ijazah berbeda dengan nama yang tercantum di dalam Kartu Keluarga (KK), bersangkutan mengaku berdomisili di dusun 5 Desa Kotabunan (Panang), padahal yang bersangkutan bukan asli penduduk atau anak lingkar tambang, sementara ada beberapa anak lingkar tambang (Kotabunan-Bulawan) yang sudah mengikuti pendidikan security tetapi tidak diterima oleh perusahaan. Selain itu, anak-anak kampung juga dipermasalahkan tinggi badan, sedangkan dalam peryaratan tersebut tidak tercantum,” ujar Lasambu, Sabtu 17 Juni 2023.

Atas sikap “Raja Pandang Enteng” terhadap anak kampung tersebut, pemuda asal Desa Kotabunan Barat ini menilai, PT ASA telah menentang kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim tentang penyerapan tenaga kerja lokal dalam kegiatan operasional perusahaan.

“Sepanjang ini karyawan yang bekerja di dalam perusahaan banyak yang dari luar. Di sini telah terbukti bahwa perusahaan memandang sebela mata (Pandang Enteng) anak-anak lingkar tambang,” terang Wawan sapaan akrab Lasambu.

Wawan pun berharap, anak-anak lingkar tambang bisa menikmati lapangan pekerjaan yang ada di dalam kampung. Ia juga tidak permasalahkan lahan yang telah dijual, karena itu hak prerogatif dari pemilik lahan sesuai negosiasi dengan perusahaan, seperti yang disampaikan pada demo di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim beberapa waktu lalu.

“Yang terpenting sekarang, perusahaan harus menyiapkan lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya untuk masyarakat lingkar tambang dan mengantisipasi dampak enam desa yang ada di Kotabunan-Bulawan bersatu,” bebernya.

Sebelumnya, Pemda Boltim bersama PT ASA telah menandatangani kesepakatan tentang penyerapan tenaga kerja lokal dalam kegiatan operasional perusahaan. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Boltim, Sam Sachrul Mamonto dan Direktur Utama PT ASA, Arif Perdanakusumah di Kantor Bupati Boltim pada Senin 3 April 2023 lalu.

Penandatanganan kesepakatan bersama itu disaksikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sonny Warokka, sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pimpinan PT ASA. Turut hadir pada agenda itu, anggota DPRD Boltim Samsudin Dama, General Manager (GM) Eksternal Relation PT ASA Irwan Lupoyo, dan Head of People & Organization J Resources Muhammad Suhada.

Pada kesempatan itu, Arif mengatakan, dengan adanya kesepakatan tersebut mudah-mudahan dapat menjadi kebahagiaan bagi masyarakat Boltim, lebih khusus yang ada di lingkar tambang. Ia juga menyebutkan, untuk tenaga kerja lokal dirinya akan merekrut sekitar paling sedikit 60 persen, terutama warga yang berada di area lingkar tambang.

“Tentunya untuk mencapai angka 60 persen ini, perlu ada pelatihan atau pengalaman kerja. Nah, kami dari PT ASA akan menyediakan tempat pelatihan secara mandiri maupun melalui balai pelatihan, bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja agar terciptanya sumber daya yang berkualitas dan siap pakai,” tutur Arif saat diwawancarai awak media usai menandatangani MoU tersebut.

Sementara itu, Bupati Sachrul juga berharap, komitmen yang sudah dituangkan dalam kesepakatan bersama tersebut akan menjadi titik awal yang baik bagi PT ASA dan Pemda Boltim, terutama untuk masyarakat.
“Ini sangat luar biasa, pihak perusahaan akan menyiapkan pelatihan kepada masyarakat lingkar tambang. Nantinya sertifikat pelatihan bisa digunakan warga untuk melamar di PT ASA dan perusahaan lainnya,” tandasnya.

Terinformasi, anak-anak lingkar tambang yang telah mengikuti pendidikan security saat ini sudah mengantongi sertifikat, serta sangat siap untuk direkrut oleh PT ASA.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here