Beranda Bolmong Timur DPMPTSP Boltim Gelar Sosialisasi Implementasi Perizinan Berbasis Resiko Kepada Pelaku Usaha

DPMPTSP Boltim Gelar Sosialisasi Implementasi Perizinan Berbasis Resiko Kepada Pelaku Usaha

199
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar Sosialisasi implementasi perizinan berusaha berbasis resiko.

Agenda tersebut tersaji di CEO Resto & Cafe, Desa Paret Timur, Kecamatan Kotabunan, Rabu (30/8/2023).

Selaku pemateri, Penata Perizinan Ahli Muda DPMPTSP Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steven J. Kumenit S.E., Ak memaparkan tentang pemanfaatan aplikasi Sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) terkait urusan perizinan berusaha.

“Materi yang akan kami sampaikan pada hari ini yaitu tentang pemanfaatan OSS-RBA dalam rangka urusan perizinan berusaha. Aplikasi OSS-RBA ini merupakan salah satu aplikasi yang diharuskan bagi pelaku-pelaku usaha. Ini salah satu layanan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah melalui OSS-RBA dalam mengurus izin untuk mempermudah para pelaku usaha,” ujar Kumenit.

Nada yang sama disampaikan Tenaga Pendamping OSS DPMPTSP Provinsi Sulut Andi Dien, S.Kom., yang juga narasumber pada kegiatan tersebut. Kata dia, penataan perizinan dilihat dari tingkat resiko.

“Jadi tingkat resiko itu terbagi resiko rendah, kemudian resiko menengah rendah dan resiko tinggi. Kalau dulu penataan perizinan itu tidak dilihat berdasarkan resiko, tapi sekarang dia terdiri dari tingkat resiko. Tingkat resiko itu dilihat dari dampak keselamatan, kemudian dampak kesehatan, dan SDM,” terang Dien.

Di tempat yang sama, Kadis DPMPTSP Boltim, Denny Mamonto menekankan terkait Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku-pelaku usaha.

“NIB itu wajib dimiliki pelaku usaha, dan setiap pelaku usaha hanya boleh memiliki satu NIB,” tandas Mamonto.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas (Kadis) DPMPTSP Boltim, Denny Mamonto, Penata Perizinan Ahli Muda DPMPTSP Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steven J. Kumenit S.E., Ak., Tenaga Pendamping OSS DPMPTSP Provinsi Sulut Andi Dien, S.Kom., serta puluhan pelaku usaha.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here