Beranda Bolmong Timur Tingkatkan Efisiensi Kerja Pemerintahan, Pemkab Boltim Bangun Jaringan Internet.

Tingkatkan Efisiensi Kerja Pemerintahan, Pemkab Boltim Bangun Jaringan Internet.

203
0
BERBAGI

BOLTIM, LensaSulut.com – Komitmen Bupati Bolaang Mongondow timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, S.Sos.,M.Si, di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah tidak diragukan lagi. Berbagai macam terobosan dan inovasi telah dilakukan semenjak menjabat. Salah satunya adalah tekadnya untuk menjadikan Boltim maju di bidang TIK.

Bupati Boltim melalui Dinas Komunikasi dan Informatika melakukan pembangunan jaringan Fiber Optic (FO) atau pemasangan jaringan Wide Area Network (WAN) di 31 titik untuk menunjang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam upaya efisiensi dan efektivitas kerja birokrasi.

“30 OPD yang berada diarea Kantor Bupati Boltim dan 1 titik di rumah dinas Bupati saat ini telah difasilitasi jaringan internet melalui Fiber Optik. Seluruh OPD tersebut terhubung secara terpadu melalui internet yang disediakan Dinas Kominfo,” ujar Kepala Dinas Kominfo Boltim Moh Rezha Mamonto, S.Kom, Selasa (21/11/2023).

Selain OPD, pihaknya juga akan memfasilitasi internet gratis berupa wifi di area publik untuk memudahkan masyarakat mengakses internet secara gratis.

“Wifi gratis ini akan ditempatkan diruang publik, kita sedang finalisasi titik lokasinya,” bebernya.

Mamonto menjelaskan bahwa langkah ini bukan hanya upaya teknis, tetapi juga suatu keharusan untuk meningkatkan efisiensi dan pelayanan publik secara menyeluruh.

“Terintegrasinya jaringan adalah langkah penting untuk meningkatkan efisiensi dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat secara menyeluruh,” tuturnya.

Meski demikian kata Dia, agar tidak mengganggu kinerja ASN, untuk akses media sosial dan youtube akan ditutup pada jam kerja.

“Beberapa situs kita tutup disaat jam kerja dan akan otomatis terbuka setelah jam kerja selesai. Kecuali jika digunakan untuk mengolah informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

“Semoga kedepan, terintegrasinya jaringan ini akan membawa dampak positif, seperti peningkatan efisiensi, akses data yang lebih lancar, pengurangan biaya operasional, kemajuan pelayanan publik digital dan peningkatan pelayanan publik,” tandasnya.
(Dath Ligawa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here