Beranda Bolmong Timur Tujuan Pemkab Boltim Gelar Bimtek Bagi Pelaku Industri Pangan Rumah Tangga

Tujuan Pemkab Boltim Gelar Bimtek Bagi Pelaku Industri Pangan Rumah Tangga

960
0
BERBAGI

TUTUYAN, LensaSulut.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Bolaang Mongondow Timur (Boltim), lewat Dinas Kesehatan (Dinkes) melaksanakan Bimbingan teknis (BIMTEK) Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Industri Rumah Tangga di Desa Modayag Timur, Kecamatan Modayag, Rabu (6/12/2023).

Di kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan, Saifudin Gobel, S.Km M.Kes menyampaikan bahwa. Kegiatan penyuluhan ini merupakan langkah awal untuk mendapatkan sertifikat bagi para pelaku industri pangan rumah tangga.

“Industri pangan rumah tangga merupakan, salah satu langkah dan upaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Saat ini, industri rumah tangga yang sudah mendapat sertifikat adalah, sebanyak 25 industri,” ucap Gobel.

Terkait tujuan pelaksanaan, Gobel mengatakan Bimtek ini digelar untuk memberikan informasi kepada para produsen industri rumah tangga, bagaimana cara pengolahan dan pemilihan bahan yang baik.

“Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada produsen industri rumah tangga, mengenai bagaimana cara pengolahan dan pemilihan bahan yang baik dalam produksi pangan rumah tangga. Selain itu, untuk melindungi masyarakat (konsumen) dari pangan yang dapat merugikan masyarakat. Oleh karena itu para pelaku industri rumahan agar dapat menerapkan produksi sesuai dengan ketentuan yang ada”. Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Bolaang Mongondow Timur Dr (c) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos M.Si melalui Sekretaris Daerah Ir Sonny J. Warokka, PhD menghimbau, para pelaku industri rumah tangga untuk mampu memproduksi pangan yang baik sesuai dengan standar gizi dan keamanan pangan, dan agar supaya sama-sama memahami bagaimana teknik produksi yang baik dan berkualitas.

“Orang yang mau fokus dengan industri rumah tangga yang dilakukan secara tidak langsung juga sudah membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, serta mewujudkan masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur yang sejahtera. Untuk meningkatkan industri, para penggiat industri rumah tangga juga dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disediakan oleh pihak bank,” tandasnya.
(Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here