Beranda Bolmong Timur Perhatian Pemda Boltim Beri Pelatihan Barista Kepada Pemuda Karang Taruna

Perhatian Pemda Boltim Beri Pelatihan Barista Kepada Pemuda Karang Taruna

152
0
BERBAGI

BOLTIM, LensaSulut.com – Dalam Rangka pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Entrepreneurship, Pemerintah Daerah (Pemda), Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), lewat Dinas Sosial (Dinsos) menggelar Pelatihan Barista Kepada 20 orang pengurus Karang Taruna Desa di Dinas Sosial, Kamis 14/12/2023.

Dikesempatan itu, Kepalan Dinas Sosial, Imran Golonda SE., mengatakan kalau, kegiatan Pelatihan Barista adalah bentuk Perhatian dari Bupati Boltim Dr (c) Sam Sachrul Mamonto, S.Sos M.Si untuk meningkatkan keterampilan dalam menjalankan usaha sebagai Barista kepada pemuda karang taruna.

“Kegiatan ini merupakan bentuk Perhatian dari Bupati Boltim kepada pemuda Karang taruna yang ada di desa desa. Dilatih bagaimana meracik kopi sebagai profesi Barista, karena Boltim adalah penghasil Kopi di Sulut. Maka potensi alam itu harus juga dimanfaatkan peluang – peluang sehingga SDM di Boltim lebih khusus pemuda karang taruna yang ada di desa itu, mereka harus punya keterampilan sebagai peracik kopi,” terang Golonda.

Ia juga menjelaskan dalam pelatihan tersebut, para peserta sangat antusias saat melakukan praktek meracik kopi yang diajarkan instruktur.

“Mereka sangat antusias, karena di Boltim sesuai informasi juga belum pernah dilaksanakan. Bahkan didalam praktek ada yang tiga sampai empat kali melakukan praktek, karena penasaran ingin mencari tau bagaimana meracik kopi. Karena ada beberapa jenis – jenis kopi, instruktur mengenalkan semua menyangkut teori – teori jenis – jenis kopi sampai teori pemasaran oleh barista,” ucap Golonda.

Iapun mengungkapkan usai pelatihan barista. Di tahun 2023, ada sebelas karang taruna yang akan mendapat bantuan alat untuk meracik kopi.

“Insyaallah mereka yang mendapatkan pelatihan barista, akan mendapatkan bantuan alat – alat untuk meracik kopi, nah untuk tahun ini, setelah pelatihan ini ada 11 karang taruna dari 20 karang taruna sisanya pada tahun 2024, akan diberikan bantuan,” tandasnya.
(*Dath)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here