Beranda Manado Pengurus Perkumpulan Persaudaraan Pedagang Pasar Tradisional Manado Resmi Dikukuhkan

Pengurus Perkumpulan Persaudaraan Pedagang Pasar Tradisional Manado Resmi Dikukuhkan

347
0
BERBAGI

MANADO, LensaSulut.com – Organisasi komunitas Perkumpulan Persaudaraan Pedagang Pasar Tradisional (P4T) Kota Manado, resmi hadir untuk seluruh pedagang pasar di Manado.

Kehadiran P4T Manado secara resmi ditandai dengan acara pengukuhan pengurus P4T yang berlangsung di Hanggar Food Court Pasar Bersehati Manado, dengan mengusung tema “Meningkatkan Kesejahteraan Pedagang Dengan Menekankan Sistem Tawar Menawar (Tradisional)”, pada Senin 22/1/2024.

Pelantikan pengukuhan pengurus oleh Walikota Manado Andrei Angouw yang diwakili oleh Asisten ll yang membidangi Perekonomian dan Pembangunan, Atto R.M Bulo, SH, MM juga ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan, yang turut disaksikan oleh Direktur Operasional PD Pasar Manado Irving Biki.

Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey pada sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara, Daniel Mewengkang, SE, M.Si menyampaikan ucapan selamat dan sukses serta mengapresiasi kepada pengurus yang dilantik.

Gubernur juga berpesan agar P4T Manado terus menjaga komitmen untuk peningkatan kesejahteraan pedagang pasar.

“Sebab peran pedagang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. Kami berharap agar pasar tradisional dijadikan pusat pengembangan ekonomi, serta terus berkomitmen mewujudkan peningkatan pendapatan ekonomi rakyat yang kuat khususnya di kota Manado. Pemerintah juga akan terus melakukan pengembangan fasilitas untuk pedagang seperti pembangunan revitalisasi pasar Bersehati Manado,” ucap gubernur dalam pesannya.

Disisi lain, Senator DPD RI asal Sulawesi Utara Ir. Djafar Alkatiri, M.M, M.PdI dalam sambutannya meminta pedagang pasar agar terus menjaga tali persaudaraan. Ia pun tak lupa menyampaikan rasa terimakasih kepada pemerintah kota Manado bersama PD Pasar serta pemerintah provinsi Sulawesi Utara yang telah membangun infrastruktur yang baik bagi pedagang pasar.

“Kemitraan pedagang dan pemerintah juga harus terus dijaga. Sebab pemerintah kota Manado yang telah memfasilitasi kegiatan pedagang lewat PD Pasar Manado tentunya memiliki harapan yang sama agar fungsi pasar benar-benar menjadi tempat perputaran dan pertumbuhan ekonomi rakyat. Sehingga kemitraan antara pedagang dengan pemerintah harus terus dijaga. Semoga pedagang berpegang pada komitmen bersama PD Pasar dalam hal menjaga kenyamanan dan terus berjuang dengan baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta peningkatan pembangunan daerah,” tukas Djafar Alkatiri.

Usai dilantik, Risno Tadulo selaku ketua umum Perkumpulan Persaudaraan Pedagang Pasar (P4T) Manado, mengatakan bahwa P4T kedepannya akan menjadi forum silaturahmi dan wadah komunikasi pedagang dengan pemerintah serta pihak-pihak terkait kepentingan khususnya peningkatan perekonomian serta kendala yang dihadapi oleh pedagang pasar tradisional.

“Selama ini komunikasi yang menjadi kendala untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh pedagang pasar. Untuk itu, P4T Manado selain menjadi wadah silaturahmi mempererat persaudaraan pedagang, juga akan menjadi forum komunikasi antara pedagang dan pemerintah serta pihak-pihak terkait dalam membangun kemitraan yang produktif,” jelas Risno Tadulo dalam sambutannya.

Sebelumnya, ketua panitia pengukuhan, Prayogha Laminullah, SH dalam laporannya menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang terlibat maupun yang telah membantu terselenggaranya acara pengukuhan P4T Manado.

“Ungkapan terimakasih kami sampaikan atas sumbangsih pemerintah serta pihak terkait terutama komunitas pedagang yang menginginkan adanya wadah untuk lebih meningkatkan kemitraan dengan pemerintah. Selain itu, kami merasa terpanggil untuk bersama-sama dengan pedagang yang berharap ada jaminan hak perputaran ekonomi yang ada di pasar-pasar. Sehingga wadah ini menjadi sebuah langkah terobosan baru dimana pedagang sebagai bagian dari masyarakat juga membutuhkan jaminan kesetaraan serta hak mendapatkan perhatian stakeholder bersama pihak-pihak terkait untuk peningkatan taraf hidup pedagang pasar tradisional. Atas dasar itulah maka terbentuklah P4T Manado,” ungkap Prayogha.

Di tempat yang sama, Sultan Udin Musa, SH selaku ketua Dewan Pengawas P4T, menjelaskan bahwa ikhwal terbentuknya wadah ini berangkat dari rasa kekeluargaan kemudian tumbuh luas seiring makin eratnya silaturahmi dan komunikasi sesama pedagang ditengah dinamika yang dirasa butuh kekompakan serta saling merangkul.
(jea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here