Beranda Edukasi “Saring Dulu Baru sharing”, Pengguna Medsos Wajib Baca

“Saring Dulu Baru sharing”, Pengguna Medsos Wajib Baca

216
0
BERBAGI

Oleh: Fahrudin Hamzah
Ketua Bidang Teknologi Informasi Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah

Indonesia yang sedari awal telah memasuki era Disrupsi 4.0 mengalami begitu banyak Pergeseran di segala aspek, mulai dari aspek Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik.

Gelombang arus pergeseran yang menghatam seluruh aspek diatas menjadi hal yang memang tidak bisa kita bendung lagi. Sebagai generasi yang hidup di Era Digitalisasi, tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita, karena massifnya pertumbuhan teknologi menjadi alasan dimana sistem informasi itu tersebar dengan begitu cepat sampai ke pelosok Negeri hanya dalam jangka waktu singkat.

Hal ini kemudian menjadi sangat berdampak pada generasi hari ini (Generasi Mileneal). Penyerapan informasi – informasi yang kita dapatkan lewat sosial media itu harus benar – benar kita saring dulu sebelum kita sharing. Kenapa? karena tidak semua konten yang disajikan di sosial media itu sepenuhnya positif. Sebab ada yang tujuannya untuk memprovokasi, menjatuhkan atau menyudutkan suatu pihak, mengalihkan isu, penggiringan opini publik atau bahkan menyebarkan berita kebohongan dengan maksud dan tujuan tertentu.

Maka disinilah peran dan tugas kita sebagai generasi yang juga hidup di Era Digitalisasi, memberikan Edukasi – Edukasi tentang betapa penting dan bahayanya Informasi – informasi yang disebar lewat media apabila kita tidak benar – benar menyaringnya dulu sebelum kita sharing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here