Beranda Manado Kakanwil Kemenag Sulut Sosialisasi Pertimbangan Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji

Kakanwil Kemenag Sulut Sosialisasi Pertimbangan Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji

295
0
BERBAGI

MANADO, LensaSulut.com – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Anwar Abubakar, S.Ag, M.Pd menyampaikan sosialisasi Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Pada Penyelenggaraan Haji Tahun 1442 H/ 2021 M. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Kemenag Kota Manado, Kamis 30/9/2021 di Hotel Sahid Manado.

Kakanwil dalam sambutan sosialisasi menyampaikan alasan Menteri Agama sebagaimana tertuang dalam KMA, karena pertimbangan menunaikan ibadah haji wajib bagi umat Islam yang mampu secara ekonomi dan fisik serta terjaminnya kesehatan, keselamatan dan keamanan jamaah.

“Kesehatan, keselamatan dan keamanan jamaah haji terancam oleh pandemi Covid -19 beserta varian barunya. Oleh karena itu, pemerintah bertanggungjawab untuk menjaga dan melindungi WNI baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, akibat pandemi Covid-19, pemerintah kerajaan Arab Saudi belum mengundang pemerintah Indonesia untuk membahas dan menandatangani Nota Kesepahaman tentang persiapan penyelenggaraan haji tahun 1442H/2021M,” ujar Kakanwil.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Manado Irwan Musa, S.E, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting dilakukan karena jangan sampai masyarakat salah menerima informasi yang simpang siur terkait hal ini.

“Untuk itu kami berharap kepada masyarakat agar mencari informasi langsung kepada Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayah masing masing atau ke Kantor Kemenag untuk informasi haji dan umroh agar tidak salah mendapatkan informasi dari pihak yang tidak berkompoten dalam hal ini,” harap Musa.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid 19 ini diikuti oleh seluruh kepala KUA se-kota Manado, perwakilan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh, serta undangan lainnya.
(jefry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here