Beranda Manado Gelar Silaturrahmi Akbar, Rabithah Alawiyah Sulut Santuni Anak Yatim.

Gelar Silaturrahmi Akbar, Rabithah Alawiyah Sulut Santuni Anak Yatim.

153
0
BERBAGI

MANADO, LensaSulut.com – Rabithah Alawiyah Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Silaturahmi Akbar dan Pemberian Santunan untuk anak yatim piatu dan Syaraif, di Waroeng Kemang Manado, pada Minggu (21/8/2022) siang.

Silaturahmi Akbar tersebut dihadiri para pengurus DPC Rabithah Alawiyah Kota Manado, seperti Habib Ali bin Abubakar Assegaf dan Umar Alhabsyi. Tampak pula Habib Faiz Albaar, dan lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua DPC Rabithah Alawiyah Kota Manado Habib Ali bin Abubakar Assegaf menjelaskan bahwa Rabithah Alawiyah dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada para habaib dan syarifah.

“Organisasi ini berbeda dengan yang lain karena Rabithah Alawiyah adalah organisasi keluarga. Dari dan untuk keluarga Nabi Muhammad,” jelasnya.

Makanya Habib Ali berharap, jika ada di antara pengurus Rabithah Alawiyah yang mengetahui keberadaan habaib dan syarifah yang belum terdata, agar bisa menginformasikan kepadanya.

Sementara itu, Ketua Bidang Nasab DPC Rabithah Alawiyah Kota Manado Habib Umar Alhabsyi mengatakan, pendataan habaib dilakukan berdasarkan nasab.

Sayangnya sekarang ini banyak orang yang disebut habaib tapi setelah didatangi mereka tidak mengetahui lima atau enam nasab ke atasnya. “Bahkan banyak yang tahu hanya sampai ayahnya saja,” ungkapnya.

Dengan mengetahui nasab, lanjutnya, peluang seseorang mengakui sebagai sayyid atau habib sangat kecil. “Jangan sampai ada yang mengaku habib lantas dimanfaatkan untuk hal-hal negatif,” timpalnya.

Dia menambahkan, pendataan nasab ini penting agar para habib dan syarifah bisa saling mengetahui dan mengenal, khususnya dalam pergaulan sehari-hari.

Adapun Ketua Panitia Sayyid Afrizal Bin Muhsin bin Smith mengungkapkan bahwa silaturahmi akbar ini dilaksanakan untuk mempertemukan dan mempersatukan para sayyid, habib, dan syarifah yang ada di Sulawesi Utara.

“Agar kita saling kenal, tahu. Khususnya bagi kami yang masih muda. Kami yakin, kegiatan ini akan membuat rasulullah senang melihatnya,” ujarnya.

Acara ini juga dirangkaikan dengan pengukuhan Pengurus Pemuda Rabithah Alawiyah Kota Manado.
(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here