Beranda Edukasi Gelar KSM, Ini Penjelasan Irwan Musa.

Gelar KSM, Ini Penjelasan Irwan Musa.

821
0
BERBAGI
Pembukaan KSM yang ditandai pemukul drum oleh Kakan Kementerian Agama Kota Manado Irwan Musa didampingi Kepsek MTs Syarif Raya.

Manado lensasulut.com – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) berlangsung di MTs Negeri 1 Manado, Sabtu, pekan lalu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Manado Irwan Musa yang membuka kegiatan ini mengungkapkan, KSM bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetisi yang sehat. “Tentunya kami menginginkan siswa madrasah menjadi yang terdepan dalam pengembangan ilmu sains,” katanya.

Mata pelajaran yang dikompetisikan untuk tingkat MI yaitu matematika dan IPA, tingkat MTs yaitu matematika, IPA dan IPS, dan tingkat MA yaitu matematika, fisika, kimia, biologi, dan geografi.

Dijelaskan Musa, KSM ini dilakukan secara berjenjang yaitu KSM tingkat Satuan Pendidikan (di madrasah masing-masing) tingkat kab/kota, KSM tingkat provinsi dan KSN tingkat Nasional.

Dirinya berharap siswa di madrasah dapat berkompetisi sehat dan menahami sains pembelajaran di madrasah. “Diharapkan kelak anak didik dari madrasah bisa menguasai IPTEK dan memiliki IMTAQ,” terangnya.

Terpisah, Kepala Sekolah MIN 2 Manado Fadli Noh SPd MPdi mengatakan, dalam menghadapi KSN, pihaknya melakukan seleksi terhadap siswa yang dianggap mampu mengikuti kompetisi.

“Tentu ada seleksi dan diambil enam siswa terbaik untuk bidang studi IPA dan Matematika masing-masing tiga orang. Dan Alhamdulillah dapat mengikuti dengan baik,” ujarnya. (fat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here